Thursday, January 8, 2015

OSGI [ Open Servise Gateway Initiative]

Tentang OSGI [Open Service Gateway Initiative]

OSGI adalah konsorsium yang didirikan oleh Ericsson, IBM, Oracle, dan Sun. OSGI dikenal juga sebagai Dynamic Module System untuk java. OSGI merupakan framework untuk mengumpulkan komponen (bundle) fungsional dalam membuat suatu program.  OSGI menyediakan services seperti manajemen dalam siklus hidup suatu program dan security-nya.
Spesifikasi OSGi telah berkembang di luar fokus asli dari gateway layanan, dan sekarang digunakan dalam aplikasi mulai dari ponsel ke open source Eclipse IDE . Area aplikasi lainnya termasuk mobil , otomasi industri , otomatisasi bangunan , PDA , komputasi grid ,hiburan , manajemen armada dan server aplikasi

Beberapa OSGI yang Open Source :
1.    Equinox
2.    Knoplerfix
3.    Apace Felix

Implementasi dari OSGI adalah membolehkan pengembang aplikasi untuk menjadi beberapa modul yang saling tergantung. Dengan begitu OSGI dapat dengan mudah di atur.

 Berikut merupakan beberapa keuntungan dan Peluang dari OSGI :

  1. Apa Saja Peluang & Tantangan OSGI (Open Service Gateway Initiative)?

    1.      Mengurangi Kompleksitas (Reduced Complexity)
    Mengembangkan dengan teknologi OSGi berarti mengembangkan bundel: komponen OSGi. Bundel adalah modul. Mereka menyembunyikan internal dari bundel lain danberkomunikasi melalui layanan didefinisikan dengan baik. Menyembunyikan internals berartilebih banyak kebebasan untuk berubah nanti. Hal ini tidak hanya mengurangi jumlah bug, itu juga membuat kumpulan sederhana untuk berkembang karena bundel ukuran benar menerapkan sepotong fungsionalitas melalui interface didefinisikan dengan baik. Ada sebuah blog menarik yang menjelaskan teknologi OSGi apa yang mereka lakukan bagi proses pembangunan

    2.      Reuse
    Para model komponen OSGi membuatnya sangat mudah untuk menggunakan banyak komponen pihak ketiga dalam suatu aplikasi. Peningkatan jumlah proyek-proyek sumber terbuka memberikan JAR’s mereka siap dibuat untuk OSGi. Namun, perpustakaan komersial jugamenjadi tersedia sebagai bundel siap pakai.

    3.      Real World
    OSGI kerangka kerja yang dinamis. Ini dapat memperbarui bundel on the fly dan pelayanan yang datang dan pergi. Ini dapat menghemat dalam penulisan kode dan juga menyediakan visibilitas global, debugging tools, dan fungsionalitas lebih daripada yang telah dilaksanakan selama satu solusi khusus.

    4.      Easy Deployment
    Teknologi OSGi bukan hanya sebuah standard untuk komponen, tapi juga menentukan bagaimana komponen diinstal dan dikelola. API telah digunakan oleh banyak berkas untuk menyediakan sebuah agen manajemen. Agen manajemen ini bisa sesederhana sebagai perintah shell, TR-69 sebuah protokol manajemen pengemudi, OMA DM protokol sopir, komputasi awan antarmuka untuk Amazon EC2, atau IBM Tivoli sistem manajemen. Manajemen standar API membuatnya sangat mudah untuk mengintegrasikan teknologi OSGi dalam sistem yang ada dan masa depan.

    5.      Dynamic Updates
    Model komponen OSGi adalah model dinamis. Kumpulan dapat diinstal, mulai, berhenti, diperbarui, dan dihapus tanpa menurunkan keseluruhan sistem. Banyak pengembang Java tidak percaya ini dapat dilakukan pada awalnya oleh karena itu tidak digunakan dalam produksi. Namun, setelah menggunakan ini dalam pembangunan selama beberapa waktu, sebagian besar mulai menyadari bahwa itu benar-benar bekerja dan secara signifikan mengurangi waktu penyebaran.

    6.       Simple
    The OSGi API sangat sederhana. API inti hanya terdiri dari satu paket dan kurang dari 30 kelas / interface. API inti ini cukup untuk menulis kumpulan, menginstalnya, start, stop, update,dan menghapus mereka dan mencakup semua pendengar dan keamanan kelas.

    7.         Kecil (Small)
    The OSGi Release 4 Framework dapat diimplementasikan kedalam JAR 300KB. Ini adalah overhead kecil untuk jumlah fungsi yang ditambahkan ke salah satu aplikasi dengan memasukkan OSGi. Oleh karena itu OSGi berjalan pada berbagai macam perangkat: dari sangat kecil, kecil, dan untuk mainframe. Hanya meminta Java VMminimal untuk menjalankan dan menambahkan sangat sedikit di atasnya.

    8.         Cepat (Fast)
    Salah satu tanggung jawab utama dari Framework OSGi memuat kelas-kelas dari bundel. Di Java tradisional, JARs benar-benar terlihat dan ditempatkan pada daftar linear. Pencarian sebuah kelas memerlukan pencarian melalui daftar ini. Sebaliknya, pra-kabel OSGi bundel dan tahu persis untuk setiap bundel bundel yang menyediakan kelas. Kurangnya pencarian yang signifikan faktor mempercepat saat startup.Model Layer OSGI.













Arsitektur [ sunting ]


OSGi Service Gateway Architecture
Kerangka yang mengimplementasikan standar OSGi menyediakan lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke bundel kecil. Setiap bundel adalah erat digabungkan, koleksi dinamis loadable kelas, guci, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada).
Kerangka kerja secara konseptual dibagi menjadi bidang-bidang berikut:
Bundel
Kumpulan normal jar komponen dengan header ekstra nyata.
Layanan
Lapisan layanan menghubungkan bundel dalam cara yang dinamis dengan menawarkan model menerbitkan-menemukan-bind untuk Plain Old Java Interfaces ( POJI ) atau Plain Old Java Objects ( POJO ).
Layanan Registry
 pemrograman aplikasi antarmuka untuk layanan manajemen ( Service Registration, Service Tracker, dan ServiceReference ).
Siklus Hidup
Pemrograman aplikasi antarmuka untuk manajemen siklus hidup (install, start, stop, update, dan uninstall) bundel untuk.
Modul
Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah bungkusan dapat mengimpor dan mengekspor kode).
Keamanan
Lapisan yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel untuk kemampuan pra-ditentukan.
Eksekusi Lingkungan
Mendefinisikan apa metode dan kelas yang tersedia dalam platform tertentu. Tidak ada daftar tetap eksekusi lingkungan, karena dapat berubah sebagai Java Community Process menciptakan versi baru dan edisi Jawa. Namun, set berikut saat ini didukung oleh sebagian besar implementasi OSGi:

http://dg-rapiera.blogspot.com/2014/01/open-service-gateway-initiative-osgi.html
http://blog.osgi.org/

No comments:

Post a Comment

Lampirkan Komentar anda :