Friday, January 11, 2013

Tugas Kuliah : Perubahan dan Perkembangan Organisasi


Perubahan dan Perkembangan Organisasi

1.      Faktor perkembangan organisasi.
Dalam perubahan dan pengembangan tentu dapatlahapapun dan siapapun tidak terkecuali dalam bidang suatu organisasi. Namun demikian, tidak banyak organisasi yang menyukai perubahan, tapi perubahan bukan lah untuk dihindari, melainkan untuk di hadapi.
Factor pemicu terjadinya suatu perubahan dalam tubuh organisasi, dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu :
-  Factor internal.
Merupakan suatu factor yang di dalam suatu organisasi dapat mempengaruhi organisasi, dan kegiatan organisasi yang bersangkutan tersebut.
-    Factor eksternal.
Merupakan segala keselurahan factor yang berasal dari luar tubuh organisasi tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi antara lain ; politik, Hukum, kebudayaan, teknologi, dll.
2.      Proses perubahan.
Proses perubahan adalah Langkah-langkah untuk mencapai tercapainya perubahan dalam organisasi. Langkah langkah yang mencakup didalam nya adalah :
a.      Mengadakan pengkajian.
Tidak dapat di pungkiri, bahwa setiap organisasi tidak dapat menghindar dari pengaruh berbagai perubahan dalam luar lingkup tubuh organisasi.
b.      Mengadakan identifikasi.
Yang perlu diidentifikasi adalah dampak perubahan yang terjadi dalam organisasi. Setiap factor yang dapat menjadikan perubahan organisasi harus di teliti, sehingga permasalahan yang mungkin timbul dapat di selesaikan.
c.       Menetapkan perubahan.
Sebelum langkah-langkah perubahan di ambil, pimpinan organisasi harus sangat yakin bila perubahan memang di butuhkan, baik dalam meningkatkan kemampuan organisasimaupun dalam langkah mempertahankan perkembangan dan existensi organisasi.
d.      Melakukan evaluasi.
Unruk mengetahui kemungkinan dampak dari perubahan tersebut.

3.      Pengembangan organisasi merupakan suatu pendekatan sistematik, terpadu, dan terencana untuk meningkatkan efektifitas organisasi.

Cirri pengembangan organisasi yang efektif  merupakan sebagian berikut :
a.      Strategi terencana
b.      Menekankan cara baru, demi meningkatkan kinerja.
c.       Mengandung nilai humanistic.
d.      Menggunakan pendekatan komitment.
e.      Menggunakan pendekatan ilmiah

4.      Metode pengembangan organisasi.
Pengembangan organisasi meliputi :
1.      Program ini dipinpin dan di dukung dari atas, dapat juga menggunakan pihak ketiga (atau agent perubahan) untuk mendiagnosis masalah dan kemudian memperbaikinya.
2.      Rencana pengembangan organisasi didasarkan pada analisis dan diagnosis yang sistematis.
3.      Program ini berhubungan dengan bagaimana organisasi bertindak pada waktu perubahan terjadi, dengan berinteraksi, komunikasi, perencanaan peran, serta benturan.


Sumber :

No comments:

Post a Comment

Lampirkan Komentar anda :