Wednesday, November 13, 2013

Tugas Riset ISD#



Tugas ISD ( Ilmu Sosial Dasar )  #
( Riset Lingkungan Hidup )
Maraknya Aksi Curanmor ( Pencurian Kendaraan Bermotor ) di kalangan Masyarakat

I.    Latar Belakang
Adapun yang melatar belakangi masalah ini adalah karena factor ekonomi, walaupun perekonomian Negara kita semakin hari kian membaik, tapi tidak serta merta perekonomian rakyatnya juga semakin membaik semuanya. Hal iini lah yang memicu terjadinya hal-hal yang mengakibatkan sebagian masyarakat menempuh jalan pintas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan tak jarang masyarakat tersebut melupakan Hukum dan norma-norma yang berlaku.
Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pemukiman kumuh dan tidak laik huni di seputaran kita, termasuk di Ibu Kota Negara ini, yang mana sebagian dari kolong jembatannya digunakan oleh masyarakat bahkan sebagai tempat untuk tinggal dan tanpa memikirkan resikonya.  Hal ini semata-mata sulitnya mencari pekerjaan di ibukota, dan keterbatasan kemampuan / skiil yang mereka miliki untuk berwira usaha.
Hal ini pula lah yang mengakibatkan maraknya kasus criminal yang terjadi dalam tanah air, secara khusus yang ada di daerah tempat tinggal saya selaku penulis yang melakukan riset ini, ysitu di daerah Perumahaan Taman Wisma Asri.  Adanya niat penulis melakukan riset ini seiring dengan adanya surat peringatan dari kelurahaan melalui RT/RW setempat kepada penulis tentang Himbauan agar lebih waspada, karena maraknya aksi curanmor. Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik mengangkat judul ini untuk memenuhi tugas ISD # ini.

II.  Batasan Masalah
Adapun Batasan Masalah dalam penulisan hasil riset ini merupakan dalam hal-hal berikut :
1.      Ruang lingkup dalam riset yang penulis lakukan hanya dalam seputar Perum. Taman Wisma Asri.
2.      Riset yang penulis lakukan hanya mengenai factor pemicu maraknya curanmor di lingkungan.


III.        Tujuan
Adapun tujuan dari penulis dalam mengangkat hasil riset ini karena penulis merasa tertantang untuk menelusuri pokok penyebab akarmasalah dari aksi “curanmor”  sehingga kita selaku masyarakat dapat mencegah dan mengurangi aksi ini dengan cara meningkatkan kepedulian kita terhadap sesame kita.
Tulisan ini juga bermanfaat untuk memenuhi tanggung jawap penulis selaku mahasiswa, sehingga dapat memperoleh hasil penilaian yang maksimal dari pak Kiky selaku dosen ISD # pada kelas yang saya ambil.
Sekaligus juga tulisan ini bertujuan agar pembaca dapat mengerti, penyebap maraknya aksi tindak pidana kriminal dalam masyarakat merupakan factor kebutuhan sosial dan kebutuhan primer masyarakat yang masih banyak jauh dari kata layak.


IV.Manfaat
Penulis berharap agar kiranya kehidupan masyarakat Indonesia secara nasional semakin baik, dan semakin makmur. Agar kiranya tindakan-tindakan kriminal yang ada/ kerap kali terjadi dalam kehidupan berasyarakat dapat diminimalisir, karena dengan perekonomian masyarakat yang semakin bertumbuh baik, maka penulis yakin tidak aka nada yang mau dan ingin turun/ mengambil langkah extrim dengan cara meng halalkan segala cara.
Oleh karena itu, besar harapan penulis agar pemerintah pusat, dan daerah, bserta pejabat terkait yang membidangi kesejahtraan rakyat kiranya lebih peduli, dan lebih memikirkan strategi untuk mendongkrak pendapatan rakyat sehingga semakin sejahtera, karena “jika masyarakat sebuah Negara dalam kehidupan ekonominya bertumbuh semakin baik setiap tahunnya, maka Negara itu juga akan semakin aman dan Makmur, dan juga berlaku untuk sebaliknya”.


Adapun bukti pendukung dari riset ini adalah foto dibawah ini :



No comments:

Post a Comment

Lampirkan Komentar anda :