Wednesday, October 8, 2014

Arsitektur Telematika


*      Arsitektur
Pada dasarnya, Arsitektur mengandung makna “Seni dan ilmu dalam merancang suatu product/ barang sesuai dengan kesepakatan atau kesepahaman antara Client dan Server (Pembeli dan penjual/perancang)”. Dalam hal ini Penulis akan mencoba untuk mengurai dan menjelaskan Arsitektur dari setiap Aspek. Baik dari sudut pandang Client, Server, atau pun keduanya (Kolaborasi keduanya).
*      Arsitektur Telematika
Istilah Arsitektur Telematika mengacu pada disain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu sistem yang ditempatkan dan bagai mana mereka dapat berkomunikasi. Jadi dengan demikian secara sederhananya Arsitektur Telematika dapat diartikan sebagai Sebuah struktur disain yang dapat meningkatkan hubungan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Pada dasarnya arsitektur Telematika ada 2, yaitu Arsitektur Client, dan Arsitektur Server.

Dalam model client/server,  sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian, namun masih merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan yakni komponen client dan komponen server. Komponen client juga sering disebut sebagai Front-end, dan komponen server disebut juga dengan back-end.  Sistem cara kerja yang ada pada komponen ini merupakan dengan cara : komponen server akan menerima request dari client dan segera memprosesnya. Dan informasi kiembali di kirim kepada client. Dan clien pun menerima informasi tersebut dan menampilkan kepada pengguna melalui aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
*      Dari Sisi Client.
Istilah ini merujuk pada penyimpanan data pada browser (client) sisi Koneksi HTTP.  JavaScript merupakan sebuah contoh dari sisi client execution dan cookie adalah contoh dari sisi penyimpanan.

Karakteristik :
v  Selalu memulai permintaan ke server
v  Menunggu balasan.
v  Biasanya terhubung ke sejumlah server pada suatu waktu.
v  Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antar muka pengguna grafis. Khusus jenis client mencakup : web browser, e-mail client, dan online chat client.

*      Dari sisi Server
Adalah sebuah eksekusi sisi server web khusus yang melampaui satandart metode HTTP yang harus mendukung. Sebagai cotoh :
Pengguna CGI Script disisi server khusus yang tertanam di tag halaman HTML; tag ini memicu suatu tindakan kejadian atau program  untuk mengeksekusi.
Karakteristik
v  Selalu menunggu permintan dari client.
v  Melayani clien, permintaan kemudian menjawap dengan data yang diminta ke client
v  Sebuah server, dapat berkomunikasi dengan server lain.
v  Jenis server Khusus mencakup: Web server, FTP Server, Database server, e-mail server, file server, print server. Kebanyakan layanan web ini juga merupakan jenis server.

*      Kolaborasi Client – Server.
Berikut ini akan kita bahas beberapa hasil kolaborasi antara client – server:

Ø  Arsitektur single-tier
Merupakan Semua komponen sistem dijalankan pada computer yang sama. Sederhana dan alternatifnya sangat mahal.membutuhkan sedikit perlengkapan dan pemeliharaan.

Ø  Arsitektur Two-Tier
Pada arsitektur ini, antarmuka terdapat pada lingkungan desktop dan sistem manajemen. Database biasanya ada pada server yang lbih kuat yang menyediakan layanan pada banyak client.
Pengolahan informasi diatur antara lingkungan antarmuka sistem dan lingkungan server manajemen database.

Ø  Arsitektur Three-Tier
Arsitektur ini diperkenalkan untuk menutuoi kekirangantwo-tier.ditiga tingkat arsitektur, sebuah middlewere digunakan antara sistem user interface.
Linkungan clien dan server manajemen database lingkungan, middleware ini diimplementasikan dalam berbagai cara, seperti pengolahantransaksi motor. Pesan server atau aplikasi server. Middleware menjalankan fungsi dari antrian, eksekusi aplikasi dan database sataging.




No comments:

Post a Comment

Lampirkan Komentar anda :