Friday, October 12, 2012

Kumpulan Soal Potensi Akademik






 Soal Psikotes dan Penyelesaiannya : Kemampuan Kuantitatif
1. Rina menanyakan berapa umurnya dengan pernyataan: "Umur saya sekarang tiga kali umur keponakan saya, dan lima tahun yang lalu umur saya lima kali dari umur keponakan saya". Berapakah umur Rina ?
a. 20 tahun
b. 30 tahun
c. 35 tahun
d. 40 tahun

Spoiler for Penyelesaian:
Misal umur Rina sekarang = x, dan umur keponakannya sekarang = y.
maka "Umur saya sekarang tiga kali umur keponakan saya" adalah :
x = 3y ..........(persamaan 1)
dan "lima tahun yang lalu umur saya lima kali dari umur keponakan saya" adalah :
x-5 = 5(y-5) ........(persamaan 2)
masukkan persamaan 1 ke persamaan 2, maka didapat :
3y-5 = 5(y-5)
3y-5 = 5y -25
2y = 20, maka y =10
Jadi umur Rina adalah x = 3y = 3(10) = 30 tahun.
(Jawaban : B)

2. Naufal berusia 7 tahun lebih tua dari Rizki. Rizki berusia 2 tahun lebih muda dari Hillmy. Berapa tahun selisih usia Naufal dengan Hilmy ?
a. 7 tahun
b. 3 tahun
c. 5 tahun
d. 6 tahun
Spoiler for Penyelesaian:

Misal : umur Naufal = N, umur Rizki = R, dan umur Hilmy = H
"Naufal berusia 7 tahun lebih tua dari Rizki" adalah :
N = 7+R
"Rizki berusia 2 tahun lebih muda dari Hillmy" adalah :
R = H-2
Sehingga,
N = 7+H-2
N = 5+H
Jadi, selisih umur Naufal dan Hilmy adalah :
N-H = 5
(Jawaban : C)

No comments:

Post a Comment

Lampirkan Komentar anda :